Keterampilan yang Harus Dimiliki Penulis Freelance

Meskipun keluar mudah, tersedia beberapa keterampilan yang mesti kita punya agar jadi penulis freelance yang profesional dan tepercaya seperti missal menjadi penulis cerpen.

Tidak gampang untuk membangun kredibilitas sebagai seorang penulis, bahkan bagi kita yang masih pemula di bidang ini. Oleh sebab itu, merasa sekarang persiapkan beberapa keterampilan tersebut ini.

Keterampilan pertama yang mesti Anda kuasai adalah memahami bagaimana langkah membaca cepat. Mengapa mesti cepat?

Karena sering kadang Anda dikejar bersama dengan dateline atau selagi agar membaca mesti dilaksanakan bersama dengan cepat, tapi dapat memahami isikan pembahasan bersama dengan baik. Dengan begitu, Anda dapat menjadikan materi tersebut sebagai referensi.

Keterampilan penulis artikel yang tidak kalah perlu adalah menulis. Namanya saja penulis, maka Anda mesti dapat menulis artikel bersama dengan baik sesuai bersama dengan permintaan klien.

Ada beberapa jenis artikel yang mesti Anda pahami agar dapat menulis sesuai susunan yang ada, seperti artikel deskripsi, persuasif sampai artikel listing.

Keterampilan lainnya adalah memahami bhs bersama dengan baik dan benar. Apabila Anda menghendaki jadi penulis bhs Indonesia, maka perlu untuk memahami ejaan dan penulisan kata di dalam bhs Indonesia yang benar.

Begitu juga bersama dengan bhs Inggris agar Anda mesti menguasai tatanan bhs yang digunakan di dalam pembuatan artikel disini.

Terakhir, Anda juga mesti memahami teknologi yang membantu kegiatan menulis, seperti browser, microsoft word, wordpress, tools cek plagiat dan lain sebagainya tergantung bersama dengan sarana atau sarana yang Anda menyediakan sebagai penulis freelance.

 Apalagi kecuali Anda punya keterampilan di dalam PC, maka dapat memperbaiki kecuali berjalan masalah.

Cara Menjadi Freelance Writer

Jika kamu memiliki hobi menulis, jadi freelance writer adalah pilihan yang tepat.  Jika kamu memiliki hobi menulis, jadi freelance writer adalah pilihan yang tepat.

Selain dapat mengontrol kala sepenuhnya, kamu termasuk tidak wajib kuliah atau memiliki pribadi degree untuk melakukannya.

Nah, selanjutnya adalah sebagian tips dan trik yang dapat membantumu jadi freelance writer yang sukses.

1. Membangun portofolio

Portofolio merupakan perihal gawat yang diperlukan bagi seorang freelance writer.

Kebanyakan perusahaan atau klien dapat bertanya berkenaan portofoliomu sebelum saat mereka memperhitungkan untuk bekerja serupa denganmu.

Selain itu, mereka termasuk dapat bertanya artikel apa yang udah dulu kamu terbitkan sebelumnya.

Jika kamu udah sering menerbitkan artikel, tentunya artikel selanjutnya dapat dijadikan sebagai portofoliomu.

Namun, bagaimana terkecuali kamu belum dulu menerbitkan artikel sebelumnya?

Jika kamu baru mengawali karier sebagai freelance writer, kamu dapat mencoba membawa dampak blog pribadi dan menerbitkan artikel di sana.

Selain menulis di blog pribadi, kamu dapat menggunakan tempat sosial layaknya Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan TikTok.

Setelah memiliki portofolio, kamu termasuk wajib rajin update ya, supaya dapat mendapatkan lebih banyak pekerjaan baru.

“Sama layaknya pekerjaan bidang kreatif lainnya, freelance writer termasuk wajib lakukan pembaruan portofolio secara rutin. Portofolio yang bonafide dan up to date adalah modal yang lumayan untuk mendapatkan banyak pekerjaan baru.” Melisa (Freelance Writer)

2. Belajar SEO

Klien cenderung lebih tertarik untuk bekerja bersama orang yang memiliki pemahaman yang baik berkenaan SEO daripada mereka yang tidak menguasainya.

Oleh dikarenakan itu, mutlak bagi kamu untuk mengeksplorasi dan tingkatkan keterampilan SEO.

Semakin banyak pemahamanmu berkenaan keyword, user intent, dan kesimpulan kompetitor, makin besar mungkin artikelmu untuk nampak di peringkat pertama pencarian Google.

Melihat dari sini, pasti klien dapat lebih puas membayar freelancer yang tahu bagaimana cara membawa dampak artikel berada di peringkat pertama Google.

Dengan menguasai SEO, kamu termasuk dapat menarik lebih banyak klien dan memberi tambahan fasilitas yang paling baik bagi mereka.

Namun, bagaimana terkecuali kamu belum dulu menerbitkan artikel sebelumnya?

Jika kamu baru mengawali karier sebagai freelance writer, kamu dapat mencoba membawa dampak blog pribadi dan menerbitkan artikel di sana.

Selain menulis di blog pribadi, kamu dapat menggunakan tempat sosial layaknya Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, dan TikTok.

Setelah memiliki portofolio, kamu termasuk wajib rajin update ya, supaya dapat mendapatkan lebih banyak pekerjaan baru.

“Sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan SEO Writer. Dengan SEO, artikel kalian dapat lebih optimal dan dilirik oleh banyak pembaca.” Soffi Amira Putri (Freelance Writer)

3. Tentukan niche

Sebagai freelance writer kamu dapat menulis banyak perihal merasa dari travel, makanan, kesehatan, dan lainnya.

Namun di awal karier sebaiknya kamu pilih satu atau dua niche khusus yang cocok bersama minat.

Dengan tahu niche yang disukai dapat menunjang kamu jadi expert di satu topik khusus supaya dapat lebih fokus.

Sebab, umumnya perusahaan cuma mempekerjakan penulis yang dapat menulis cocok bersama niche yang di inginkan perusahaan.  Adapun sebagian niche yang dapat kamu pilih, seperti:

Makanan

Travel

Kesehatan

Olahraga

Teknologi

Kecantikan

Kripto

“Cari bidang freelance yang cocok bersama minat kamu. Karena perihal ini dapat mempengaruhi mutu postingan yang dapat kamu kerjakan. Semakin puas kamu bersama suatu topik maka makin ringan termasuk kamu mendapatkan inspirasi tulisan.” Lynisa Hidayah (Freelance Writer)

“Temukanlah “niche” nya kamu. Dalam kasusku, supaya kamu memiliki value yang lebih, kamu dapat fokus di model postingan yang sebetulnya kamu lebih yakin diri melakukannya, layaknya saya yang fokus terhadap pasar kripto atau saham. Aku cuma dapat mengambil alih offering yang relate bersama itu.” Mutia Mulya (Freelance Writer)

4. Banyak membaca

Jika kamu penulis yang tidak dulu membaca, bagaimana cara kamu tahu terkecuali orang lain mendambakan membaca tulisanmu?

Sebagai penulis, kamu termasuk wajib banyak membaca untuk tingkatkan skill penulisan.

Dengan membaca, kamu termasuk dapat tingkatkan kosakata baru yang mungkin saja belum dulu diketahui sebelumnya.

Tidak wajib membaca buku kok, kamu termasuk dapat membaca cuitan dari akun-akun menfess, Quora, Reddit, Research Gate, dan lainnya.

Semakin banyak membaca, maka makin banyak pula yang dapat kamu pelajari berkenaan gaya, teknik, dan keputusan penulisan.

“Banyak baca, bukan cuma buku saja namun baca cuitan akun-akun menfess, Quora, Reddit, Research Gate, dan lain-lain supaya kamu dapat menulis studi case yang relevan bersama topik yang kamu tulis.” Indira Lintang Permata (Freelance Writer)

“Tekun membaca beraneka model postingan sebagai wujud pembelajaran untuk tahu beraneka gaya, teknik, dan keputusan penulisan yang ada. Membaca termasuk terlampau menunjang penulis memperkaya kosakata, termasuk tahu tren terbaru.” Mycel Pancho (Freelance Writer)

5. Mengasah skill menulis

Selain rajin membaca, penulis termasuk wajib melatih tulisannya, lho!

Jika kamu mendambakan jadi freelance writer, tentunya kamu wajib mengasah kebolehan penulisan.

Dengan latihan menulis terus-menerus, maka skill penulisan kamu pun dapat makin meningkat.

Kamu dapat mengasah kebolehan menulis bersama menguasai topik yang disukai.

Misalnya terkecuali kamu menyukai topik teknologi, kamu dapat membawa dampak artikel berkenaan gadget.

Kalau kamu puas topik berkenaan kecantikan, kamu termasuk dapat studi menulis berkenaan produk-produk kecantikan.

“Jangan lupa untuk tetap mengasah kebolehan menulis. Untuk sistem awal, dapat menguasai topik yang disukai dulu. Contohnya, terkecuali puas topik teknologi, dapat membawa dampak artikel/blog berkenaan gadget.” Soffi Amira Putri (Freelance Writer)